Sabtu, 09 Januari 2016

Saskia & Geofanny

Sampul Kaset Album : Menabung (1997), Aku Suka Musik (1998), Apanya Dong (2000), Impian Chabelita (2001), bersama Angie Album Hello Dangdut (1997), Menari (1999)

Penyanyi cilik kak Saskia dan kak Geofanny (duo tak terlupakan). Sebelum kita lihat sampul kasetnya, yuk simak dulu video klip lagu Menabung.


Menabung itu memang tidak harus berbentuk uang ya, bisa juga berupa tabungan kebaikan dan doa. Prinsipnya siapa rajin menabung, maka ia akan membuka tabungannya suatu saat nanti. Eyang Titiek Puspa tetap awet cantiknya. Oke deh, sukses kak Saskia dan kak Geofany, juga kak Angie!!! Lagu-lagu nya tidak akan lekang oleh waktu.













































Dulu kaset ini harganya masih Rp. 7.500,- loh, trus isinya ada 10 lagu :

Side A :

1. Menabung (cipt. Titiek Puspa)
adalah lagu yang mengingatkan kita untuk berhemat. Jajan sih boleh saja, tapi sisihkan untuk nabung. Belanja sih boleh saja, tapi tak lupa menabung. Bung .. bung, ayo menabung.

2. Bermain Di Pantai (cipt. Maria T/Magda R)
adalah lagu tentang indahnya bermain di pantai, membuat istana pasir, berenang bersama ombak di pantai. Asyik angin silir nyiur melambai. Kita bersyukur ya karena di Indonesia banyak sekali pantai yang indah yang dapat kita kunjungi bersama keluarga.

3. Senyum (cipt. E Lisa Komaryadi)
adalah lagu yang selalu mengingatkan untuk tidak merengut dan cemberut, tetapi tersenyum cantik membuat semua simpatik menambah manis dan gembira. Ya ya ya .. bikin awet muda juga ya. Yuk senyum.

4. Peragawati Cilik (cipt. Maria T/ Magda R)
adalah lagu peragawati cilik yang bangga dengan produk Indonesia. Menggunakan produk buatan dalam negeri alias buatan sendiri. Bangga nya menemukan jati diri sendiri. Indonesia bisa!

5. Bila Kuingat (cipt. NN)
adalah lagu terkenal yang bertutur tentang jasa-jasa orang tua kita.

Side B :

1. Si Kancil (cipt. Maria T/ Magda R)
adalah lagu si kancil yang badung dan gemar mencuri jangung. Walaupun cerdik tetap saja akhirnya ditangkap orang sekampung deh. Olala kancil.

2. Ayo Mama (cipt. NN)
adalah lagu yang sangat terkenal. Ayo mama jangan mama mara sama beta ... dst.

3. Mbakyu Getuk Lindri (cipt. Maria T/ Magda R)
adalah lagu tentang makanan asli jawa dari singkong tua yang dicocol kelapa parut, rasanya enak gurih manis dan berwarna-warni. Itulah getuk. Siapa yang belum pernah merasakan? Dengarkan lagu ini dulu ya.

4. Anak Kambing (cipt. NN)
adalah lagu yang sudah sangat terkenal dari generasi ke generasi. Mana dimana anak kambing saya, anak kambingnya ada di pohon waru. Kalo teman akrab ada di pasar baru. Chacha maricha he he .. cha cha maricha he he ..

5. Ke Supermarket (cipt. Maria T/ Magda R)
adalah lagu tentang berbelanja di supermarket. Pakai troli berkeliling, ada sayur buah daging ikan susu roti aneka jajanan dan juga minuman. Wah lengkap sekali ya isinya, oiya kan namanya juga supermarket ya .. xi xi xi.

Dan ..... selanjutnya, inilah sampul kaset album kak Saskia & kak Geofanny yang berjudul Aku Suka Musik.


















































Pada sampul kaset ini baju yang dikenakan oleh kak Saskia & Geofanny bergambar not-not balok. Sangat bagus dan serasi hingga ke sepatunya. Oya, untuk yang belum mengenat not balok, nanti di mata pelajaran kesenian (yaitu seni musik) di sekolah, bapak atau ibu guru akan mengajarkan bagaimana cara membaca dan menulis not balok. Yang semangat berlatihnya ya ...

Side A :

1. Aku Suka Musik (cipt. Titiek Puspa)

adalah lagu ciptaan tante Titiek Puspa yang abadi. Do re mi fa sol la si do, yok kita bermain musik. Horre daripada melamun apalagi berantem, lebih asyik kita kumpul main musik, okey ... go! Lagunya sarat dengan petuah dan nasehat untuk anak-anak Indonesia. Misalnya, berbakti kepada orangtua, cinta negeri, senantiasa menghormati guru, dan tambah kawan serta saudara. Semua siap untuk tersenyum :)

2. Pinokio (cipt. Maria T / Magda R)
adalah lagu yang bercerita tentang dongeng Pinokio si boneka kayu yang lucu. Kak Saskia dan kak Geofanny menyanyikannya bersama kak Angie. Kisah Pinokio dipaparkan dengan sangat baik dan runtut di dalam lagu ini, yaitu dari awal Pinokio dibuat dari kayu oleh kakek Gepeto hingga berubah menjadi anak manusia. Yang tadinya nakal, suka bolos sekolah dan berbohong (hidungnya menjadi panjang), hingga berubah menjadi anak yang baik, santun, dan senantiasa patuh kepada kakek Gepeto. Olalala jadi ingat dengan tokoh Peri Biru, Jimmy Jangkrik, dan ikan Paus juga ada dalam cerita ini.

3. Hewan Langka (cipt. Sonny Rizky)
adalah lagunya kak Geofanny yang berdendang tentang binatang. Ada Jerapah, Zebra, Gajah, Ikan, Buaya, Bebek, Keong Raksasa, dan masih banyak lagi hewan langka lainnya. Pesannya adalah mari kita jaga bersama hewan-hewan langka ini supaya tidak punah. Terima kasih kak Geofanny karena telah menyadarkan kita bahwa manusia dan binatang telah bersahabat sejak dahulu kala.

4. Mandi Pagi (cipt. Daljono)
adalah lagu kak Saskia tentang riangnya anak desa mandi pagi di sungai jernih dengan wajah berseri-seri. Embun pagi menghias bunga melati. Semua gembira menyambut pagi.

5. Paman Dullah (Pak Kasur)
adalah lagu karya sang maestro lagu anak dan tokoh pendidikan Indonesia, pak Kasur. Nama aslinya adalah Soerjono yang lahir di Purbalingga, Jawa Tengah tanggal 26 Juli 1912. Beliau memandu acara Taman Indria di TVRI. Namanya berasal dari julukan "Kak Soer" yang biasa digunakan oleh anak buahnya di Gerakan Kepanduan. Nama ini lama-lama berubah menjadi "Kasur" dan "Pak Kasur". Istrinya Ibu Kasur (Sandiah) juga memandu acara itu.  

Side B :

1. Teka-Teki (cipt. Ibu Sud)
adalah lagu yang mengajak kita bermain teka-teki tentang jam atau penunjuk waktu. Ha ha ha .. langsung terjawab ya.

2. Masak-Masakan (cipt. Oom Faizal)
adalah lagu tentang asyiknya main masak-masakan. Ada singkong rebus, pisang goreng, jagung bakar, tumis kangkung, Silakan makaaaan, uenaknya ..

3. Sayang Binatang (cipt. Oom Faizal)
adalah lagu kak Geofanny untuk para penyayang binatang. Siapa saja binatang yang diajak dalam lagu ini, ada si Kijang, Kuda, Kodok, Kaki Seribu, Gajah, Semut, dan Ubur-ubur. Semua kita sayangi, semua ciptaan Tuhan. Menjaga lingkungan kewajiban kita.

4. Belajar Berhitung (cipt. Sonny Rizky)
adalah lagu tentang angka dan matematika. Yo belajar berhitung 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 dibolak-balik dikotak-katik kok makin asyik diteruskan tambah menarik.

5. Pantun Menabung (cipt. Azaz S / Harry RKS)
adalah lagu pantun penuh jenaka. Kapal capung si kapal terbang, kita naik kereta gantung. Ayo nabung dari sekarang, agar jadi anak beruntung. Yeee ..

Nah, sekarang kita sudah sampai ke sampul kaset album yang judulnya Apanya Dong, simak yuk ... wuih warna-warni.





















































Kaos kak Geofanny merahnya keren, rambutnya whoaa keren banget :) Ok, album ini berisi 10 lagu :

Side A :

1. Apanya Dong (cipt. Titiek Puspa)
adalah lagu yang mengingatkan kita semua kepada pesan papa dan mama. Kadang saat kita anak-anak enggak mau diatur terus sama mama dan papa. Padahal dalam semua pesan mama dan papa itu terdapat kasih sayang yang luar biasa. Begitulah cara orang tua mendidik supaya kelak kita menjadi pribadi yang unggul dan mulia. Jangan suka melotot ya, yok nyanyi aja .. apa-apanya donggg!

2. Marilah Kemari (cipt. Titiek Puspa)
adalah lagu tentang berkumpul bersama teman supaya hati gembira. Jangan bengong sendirian ya, kata nenek itu berbayaha .. eh salah .. berbahaya.

3. Pantun (cipt. Ladina)
adalah lagu pantun nasehat yang bagus untuk diingat, untuk diresapi dan dijalani, pasti berguna dikemudian hari. Aamiin.

4. Jangan Sombong (cipt. Rasso R Nandi / Rooseno BL)
adalah lagu yang menurut saya sangat cocok untuk anak-anak jaman sekarang. Jangan pilih-pilih teman, kaya miskin semua kita sayang. Kalau menolong jangan ada maunya. Semoga tidak ada anak sombong yang selangit gayanya. Hadeuh ..

5. Aku Bingung (cipt. Yayuk S)
adalah lagu yang isinya bercerita saat kita bingung memilih karena semuanya bagus dan keren. Coba tebak siapa yang membantu kita memilih saat kita bingung seperti ini? Jawabnya .... mamaaa ... iya kan, i love mama!

Side B :

1. Pasti SS (cipt. Eyang S)
adalah lagu teka-teki apa sich SS .. yang semua orang suka, tau, pakai, di sekolah atau di rumah, supaya kita tidak kena duri. Yeeeeea .. sepatu atau sandal jepit?

2. Paling Enak (cipt. Aris TA)
adalah lagu kak Geofanny yang bikin hati kita riang. Yang paling enak adikku sayang, biar nakal disayang mama ... ha ha ha .. masak sich kak Geofanny? Karena adik masih kecil ya .. blum tau mana boleh dan mana yang tidak. Paling enak makan ketupat sayur nangka tambah kerupuk makannya panas panaaas .. nyam nyam.

3. Jangan Bohong (cipt. Yance S)
adalah lagu yang syarat dengan pesan moral. Jangan bohong, jangan dusta karena Tuhan akan marah pada kita .. papa dan mama juga tidak akan suka. Wah terima kasih sudah diingatkan ya kak.

4. Bangun Kesiangan (cipt. Nick Doer)
adalah lagu tentang anak-anak yang suka nonton TV sampai larut malam, trus tidurnya juga malam banget. Pagi-pagi bangun tidur kesiangan, dan terlambat masuk sekolah deh, udah gitu buku pelajaran juga ada tertinggal akibat tergesa-gesa menyiapkannya, wooo jadi malu dengan teman-teman. Kak Saskia memberikan perhatian untuk kita semua agar pintar-pintarlah membagi waktu.

5. Mari Bersatu (cipt. Yance S)
adalah lagu tentang persatuan dan kesatuan anak seluruh Indonesia. Walau berbeda-beda tetapi kita merupakan satu kesatuan. Jangan runtuh, mari kita bersatu padu. Jayalah negeriku!

Album kak Saskia dan kak Geofanny selanjutnya yang belum kita bahas adalah album Impian Chabelita. Yuk lihat bareng-bareng.











































Album ini ada ceritanya. Impian Chabelita merupakan sebuah kisah drama telenovela anak-anak yang di tayangkan di SCTV. Kaset album ini harganya Rp. 14.000,- pada saat itu. Isinya 10 lagu.

Side A :

1. Impian Chabelita (cipt.Yayuk S)
adalah lagu yang bercerita tentang impian dari gadis kecil Chabelita.

2. Chabelita oh Chabelita (cipt. Yayuk S)
adalah lagu yang bercerita tentang perjuangan Chabelita. Video klipnya silakan disimak disini ya.

3. Pamanku Datang (cipt. AT Mahmud)
adalah lagu yang ditulis oleh eyang AT Mahmud yang berkisah tentang paman yang datang dari desa membawa banyakoleh-oleh. Lagu ini dibawakan oleh kak Geofanny.

4. Aku Anak Gembala (cipt. AT Mahmud)
adalah lagu anak gembala yang selalu riang gembira, karya eyang AT Mahmud. Lagu yang sangat terkenal. Kali ini kak Laudia yang menyanyikannya.

5. Pantun (cipt. Ladina)
adalah lagu pantun nasehat yang bagus untuk diingat, untuk diresapi dan dijalani, pasti berguna dikemudian hari. Aamiin. Lagu ini ada juga di album Apanya Dong.

Side B :

1. Isabel (cipt. Yayuk S)
adalah lagu kak Saskia yang berkisah tentang seorang gadis kecil bernama Isabel yang lucu dan menggemaskan.

2. Esmeralda (cipt. Yayuk S)
adalah lagu kak Angie tentang sahabat pena yang tinggal di kota yang jauh, ia bernama Esmeralda. Kalau dulu ada surat untuk sahabat pena, kalau sekarang sudah menggunakan sms, email, wa, bbm, fb, ig, twitter, dll ya.

3. Marisol (cipt. Yayuk S)
adalah lagu kak Geofanny tentang sosok seorang kakak yang baik hati dan sayang kepada adiknya. Namanya Marisol. Kakak yang baik sangat dirindu.

4. Impian Chabelita (cipt. Yayuk S)
adalah lagu seperti yang di side A tetapi versi instrumental.

5. Chabelita oh Chabelita (cipt. Yayuk S)
adalah lagu seperti yang di side A tetapi versi instrumental.



Lanjut lagii .. Sekarang kita sampai di album yang berjudul Hello Dangdut (1999). Kasetnya dibandrol Rp. 13.000,- Sampul depannya ada gambar anjing lautnya yang lucu bawa bola warna-warni. Kak Saskia, kak Geofanny, dan kak Angie mengenakan kostum pelaut. Kak Geofanny mirip popeye the sailorman pemakan bayam. Wow, para pelaut yang cantik dan ganteng.
















































Isi kasetnya ada 10 lagu.

Side A :

1. Hello Dangdut (cipt. Rita Sugiarto)
adalah lagu dangdut yang asyik untuk bergoyang. Ayo kawan berjoget bersama, gembira bersama. Dangdut is the song of my country.

2. Surga Dunia (cipt. Ruston Nawawi)
adalah lagu tentang bahagianya saat ulang tahun. Dicium papa dan mama oh bahagianya bagai di surga. Seperti mimpi rasanya.

3. Boneka India (cipt. Ellya Khadam/Win Sumantri)
adalah lagu kak Saskia yang bercerita tentang boneka India oleh-oleh papa yang pulang dari negeri India. Boneka cantik pandai menari sebagai hadiah ulang tahun. Oh senangnya.

4. Cubit-Cubitan (cipt. Murry)
adalah lagu yang seru banget, pasti udah pada apal niy. Yuk nyanyi .. cubit-cubitan oi cubit-cubitan, senggol-senggolan oi senggol-senggolan.

5. Permen Karet (cipt. Nawawi)
adalah lagu perihal repotnya kalau tak sengaja menginjak permen karet, lengket lengket aduh bagaimana ini .. seharusnya tidak sembarangan membuang permen karet bekas dikunyah.

Side B :

1. Mengapa (cipt. Yon Koeswoyo)
adalah lagu kak Geofanny yang bercerita tentang sahabat yang saling membantu apabila ada yang sedang mengalami kesedihan.

2. Curi-Curi (cipt. Ruston Nawawi)
adalah lagu tentang kawan yang suka menggoda dengan menyembunyikan pensil sehingga teman yang lain jadi bingung mencari pensilnya. Ya ampun jangan ditiru ya.

3. Hitam Manis (cipt. Ismail Marzuki)
adalah lagu lama yang sudah dikenal oleh banyak orang. Hitam maniso hitam manis, yang hitam manis, pandang tak jemu pandang tak jemu .. dst.

4. Burung Dalam Sangkar (cipt. May Sumarna)
adalah lagu kak Angie yang bercerita nasib burung yang berada di dalam sangkar. Sedih dan menangis tak ada yang mengetahui, tetapi ia tetap sabar menjalaninya. Kasihan burung seharusnya bebas terbang bersama awan.

5. Mejikuhibiniu (Yayuk S)
adalah lagu tentang warna pelangi. Ia muncul setelah hujan, sungguh indah sekali ciptaan Tuhan. Siapa yang sudah pernah melihat pelangi? Coba sebutkan apa warna pelangi itu?

Yee .. kita lanjut lagi ke album kak Saskia & kak Geofanny yang berjudulu Menari (1999). Berikut penampakan sampul kasetnya.


   



Ada kak Saskia, kak Geofanny, dan kak Angie mengenakan baju daerah. Dari daerah mana ya? Kasetnya berisi 10 lagu.

Side A :

1. Menari (cipt. Yayuk S)
adalah lagu mengenai tarian yang dapat membuat kita tidak bersedih. Hati senang mamapun sayang. Menari-nari diterang bulan, berseri-seri cahaya bintang. Ayo gerakkan badanmu, kita menari bersama.

2. Kunang-Kunang (cipt. Yayuk S)
adalah lagu kisah binatang kunang-kunang di malam hari. Kelap kelip indah sekali. Bila siang ia sembunyi, bila malam ia keluar kembali, menerangi malam yang sunyi. Betapa istimewa makhluk ciptaan Tuhan. Jaman sekarang masih ada kunang-kunang? Di semak-semak? Coba cari di sekitar rumahmu.

3. Bunga Mawarku (cipt. Ladina)
adalah lagu tentang bunga mawar yang indah mekar mewangi tumbuh subur di taman. Merah warnanya, mari kita rawat dan jaga selalu. Bunga mawar melambangkan kasih sayang. Ada juga yang buatan manusia, dari plastik atau kain.

4. Jangan Usil (cipt. Yayuk S)
adalah lagu untuk kita yang suka usil dan rewel. Hati-hati bisa bikin mama papa jengkel dan akhirnya kena jewer. Anak usil tak punya teman banyak. Nah loh.

5. Joget (cipt. Yance)
adalah lagu kak Saskia yang mengajak goyang kaki ikuti irama, kita joget bersama. Mari kawan semua ceria bergembira. Goyang badan ikuti irama. Asyik srok.

Side B :

1. Ora Et Labora (cipt. Ladina)
adalah lagu yang mengajarkan kita untuk bersemangat, pantang membolos, rajin belajar agar jadi anak pintar dan tercapai cita-cita kita. Tuntutlah ilmu setinggi langit, dan jangan lupa berdoa.

2. Lari Pagi (cipt. Ladina)
adalah lagu kak Geofanny ini mengajak kita untuk bangun pagi rame-rame kita lari pagi. Awas hati-hati tengok kanan kiri, yok lari pagi. Badan sehat wajah berseri.

3. Yatim Piatu (cipt. Ladina)
adalah lagu tentang kawan-kawan yang tak punya ayah dan ibu lagi. Hidup sendiri tiada menentu, tiada tempat mengadu. Ya Tuhan tolonglah kawan-kawan kami. Dalam kehidupan ini kita harus saling bergandeng tangan saling menolong dan berbagi sehingga tiada kemalangan lagi.

4. Joget India (cipt. Oyie NK)
adalah lagu kak Angie tentang goyang tari India, banyak yang suka. Seperti di film nya semua suka menari. Siapa yang suka, tunjuk jari?

5. Buah-Buahan (cipt. Ladina/Oyie NK)
adalah lagu yang bertanya kepada kita buah apa yang kita suka? Ada nanas, durian, duku, dan rambutan. Rasa apa yang kamu suka? Asam atau manis? Atau dua-duanya? Banyak makan buah badan jadi sehat dan kuat, belajar jadi giat. Oye!

Sukses buat kak Saskia & Geofanny! Juga kak Angie :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar